Rekomendasi Optimasi SEO untuk Website atau Blog Baru

optimasi seo website baru

DHADigital.com - Setelah tahun 2021 hingga sekarang untuk blog atau website baru seperti sedikit lebih sulit untuk bisa mendapatkan pengunjung secara organik. Google benar-benar memberi waktu dan menilai sebuah website atau blog tersebut berkualitas.

Jadi bagaimana optimasi SEO untuk website atau blog yang baru jadi (fresh)?

Tenang saja ada banyak sekali hal yang bisa kamu kerjakan untuk website baru, mudah dikerjakan dan bermanfaat untuk website, audiens, dan pastinya bagus untuk optimasi SEO.

1. Membuat Artikel Berkualitas

Dari pengalaman saya pribadi untuk membuat artikel berkualitas ini tidak banyak orang yang bisa, apalagi owner bisnis yang tidak terbiasa membuat artikel SEO friendly.

Untuk web atau blog baru cukup 1-2 artikel per minggu sudah cukup bagus. Lebih baik mengutamakan kualitas isi, mudah dibaca, dan sangat bermanfaat.

Artikel sebisa mungkin sesuai dengan kategori website kamu.

2. Membuat Akun Sosial Media

Sosial media di era sekarang ini sangat berperan penting dalam digital marketing dan bisa menjadi sumber trafik ke halaman web atau blog.

Website perusahaan atau blog sebaiknya punya akun khusus sosial media. Jadi kamu bisa membuat dulu beberapa akun berikut ini

  • Instagram
  • Facebook Fanspage
  • Twitter
  • Pinterest


3. Menautkan Link Website di Sosial Media

Pada setiap profile sosial media tersebut ada tempat untuk menempatkan link url. Nah kamu bisa menautkan link ke profil sosial media masing-masing.

Selain itu juga lebih baik jika bisa aktif menggunakan sosial media untuk membagikan link artikel. Tapi karena masih akun baru mungkin belum punya followers dan pengunjung.

Apa yang harus dilakukan ketika masih belum ada followers dan yang melihat postingan

Tidak perlu bingung, kamu cukup rajin posting konten bermanfaat di akun sosial selam 1 bulan.

4. Aktif di Forum

Ada beberapa forum di Indonesia yang bisa kamu bergabung seperti Quora, Kaskus dan Indowebster. Kamu bisa mencoba membuat thread kemudian memberi link sumber ke halaman website kamu.

Bisa juga di komentar untuk membantu memberi jawaban sebuah pertanyaan dan menyertakan link artikel web atau blog jika ada artikel yang bisa membantu.

5. Jangan Melakukan Tindakan Spam

Spam adalah menyebarkan link yang tidak bermanfaat, baik itu di sosial media atau di forum. Jika di awal membangun sudah menyebar link spam maka sama saja merusak reputasi website.

Bertindaklah yang terbaik untuk bertujuan bermanfaat. Usahakan untuk membuat postingan feed, dan story yang bagus di Instagram, bagikan konten bermanfaat di Facebook dan Twitter.

Jika yang kamu bagikan bermanfaat bagi orang, pasti secara alami akan mendapatkan nilai yang baik dari audiens yang akhirnya bisa meningkatkan nilai website.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال