Tips dan Contoh Personal Branding di Instagram yang Bagus

contoh personal branding di instagram

DHADigital.com - Di artikel ini ada contoh personal branding di Instagram yang juga bisa dilakukan siapa saja di era digital saat ini. Jika dibandingkan dengan media lain, Instagram adalah platform yang paling lengkap dan sudah punya banyak pengguna.

Beberapa orang ingin melakukan personal branding, atau membangun nilai lebih pada dirinya, agar mendapat label atau nilai lebih di mata orang lain sebagai ahli atau terkenal dalam suatu hal tertentu.

Jika kamu ingin lebih tahu secara jelas  bisa baca dulu di artikel Pengertian dan Manfaat Personal Branding.

Tujuan personal branding

Pada umumnya orang-orang yang ingin membangun personal branding mereka bertujuan menambah nilai pada dirinya agar bermanfaat bagi orang lain, mendapatkan banyak pengikut di sosial media, lebih dikenal oleh banyak orang, menghasilkan uang, dapat mendukung ketika membuka bisnis atau meningkatkan karir.

Contoh Personal Branding di Instargam

Contohnya isa kamu lihat di akun mas Dodi Zulkifli dia membuat personal branding dirinya sebagai orang yang dapat membantu pengusaha menciptakan brand value.

dodi zulkifli branding

Aang Permanaa seorang owner bisnis yang membangun personal branding untuk membantu bisnis usaha para netizen
pesronal brand Aang

Beberapa contoh personal branding di Instagram,

Konten hiburan: Semakindidevan, Apos Hutagaol, Arifmuhammadd



Tips Personal Branding di Instagram

1. Menemukan Kelebihan Diri

Setiap orang mempunyai kelebihan masing-masing yang pasti bermanfaat untuk orang lain. Ada yang ahli alat musik, ada yang pintar membuat kerajinan, ada petani yang pandai menanam buah.

Banyak sekali hal-hal unik yang dimiliki oleh setiap orang yang itu semua bermanfaat untuk saling melengkapi satu sama lain.

Semakin mempunyai kelebihan yang unik, baik pengetahuan, pengalaman atau kemampuan di suatu bidang maka semakin besar berpeluang untuk membangun personal branding.

2. Menentukan Topik Konten Bermanfaat

Ketika nanti mulai membuat Instagram untuk personal branding, kamu harus mulai rajin posting konten yang bermanfaat untuk orang. Kamu bisa memposting Feed berupa foto, Slide, Reels dan Story.

Semua harus digunakan untuk posting konten sesuai dengan topik tentang apa kelebihan kamu yang bermanfaat bagi orang lain.

3. Memilih Salah Satu Kategori Konten

Ini sebagai landasan memulai mengelola akun Instagram personal branding, yaitu memilih salah satu kategori ini.

  • Hiburan adalah jenis konten yang tujuannya untuk menghibur, bisa hiburan menampilkan parodi atau tingkah yang lucu, bisa juga memamerkan kecantikan, foto-foto bagus, tempat wisata dan semua yang itu menghibur orang.
  • Edukasi adalah jenis konten berbagi ilmu kepada orang lain, ini biasanya lebih bisa diterapkan oleh banyak orang yang mempunyai kemampuan khusus, kemudian membagikan ilmunya dengan konten di Instagram.
  • Motivasi adalah jenis konten yang bisa memotivasi orang, misalnya untuk sukses bisnis, motivasi agar punya mental yang kuat, hidup sehat dan lain sebagainya.
Nah apa kira-kira kategori topik yang kamu pilih.

4. Mulai Membangun Akun Instagram

Membangun itu butuh proses dan perjuangan, kalau sekedar membuat akun semua orang juga bisa.

Jika kamu sudah tahu apa kelebihan diri dan bisa menentukan  jenis kategori konten, selanjutnya tinggal membuat akun Instagram dengan tujuan personal branding.

Seperti pada umumnya akun Instagram membuat hal-hal dasar berikut ini

  • Membuat username dan nama akun yang cocok bagus
  • Membuat deskripsi sesuai branding tentang diri kamu (lihat contoh-contoh di atas)
  • Membuat postingan konten mulai dari yang kamu bisa (slide, gambar, atau reels)

5. Membuat Konten Berkualitas

Mungkin ini bagian paling sulit bagi kebanyakan orang yang mencoba ingin membuat personal branding di Instagram. Banyak orang yang ingin menjadi konten kreator kemudian bingung bagaimana membuat konten dan meningkatkan followers.

Konten adalah sumber pengunjung akun, yang nantinya bisa menarik banyak orang untuk tertarik untuk Follow.

Bagaimana agar konten yang berkualitas, banyak disukai orang, bisa viral ini memang tidak mudah, harus banyak belajar, mencoba dan akhirnya bisa tahu seperti apa konten yang berkualitas.

Cara Mudah Pemasaran Online 2023 dengan Konten

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال