5 Alasan Blog dan Website Bisa Jadi Aset Investasi

nilai aset domain website

DHADigital.com - Bagi saya yang sudah berkecimpung di dunia blogging dan mengelola website sejak tahun 2012, bisa dikatakan blog atau website adalah aset investasi yang bisa naik nilainya setiap tahun. Banyak sumber uang dari blog atau website jika rajin dikelola.

Sebelum membahas blog dan website adalah sumber uang sebagai investasi, saya akan menjelaskan perbedaan keduanya dan kira-kira membutuhkan berapa biaya untuk mulai membuat.

Pengertian Blog

Blog adalah situs online yang berisi tentang berbagai macam posting artikel. Pada mulanya blog digunakan secara pribadi, tetapi karena bisa menghasilkan banyak pengunjung. Jika ada banyak pengunjung ternyata bisa menghasilkan uang dari berbagai macam sumber. 

Contoh blog seperti alifandofla.com. Biaya untuk membuat bisa cukup custom domain blogger, dengan biaya 200 ribuan per tahun. 


Pengertian Website

Website biasanya lebih profesional mempunyai halaman homepage khusus. Biasanya model web perusahaan atau bisnis untuk tujuan sebagai company profile, media informasi dan pemasaran online.

Membuat website juga lebih profesional dibandingkan dengan blog. Mempunyai halaman homepage, layanan, kontak, dan pada website bisanya juga mempunyai halaman khusus blog untuk update artikel.

Biaya pembuatan website lebih mahal mulai dari 1 jutaan hingga puluhan juta.

5 Nilai Aset Blog dan Website

1. Usia Domain

Domain yang baru dibuat dengan yang sudah berusia lebih dari 3 tahun akan berbeda kualitas authority nya. Membuat domain baru untuk blog atau website ibarat bayi baru lahir harus dirawat minimal sampai 1-2 tahun agar bisa jalan.

Tidak seperti jaman dahulu bahwa domain baru bisa langsung mendapatkan posisi di halaman pertama Google. Sekarang butuh waktu lama dan blog atau web harus benar-benar dikelola secara konsisten.

Semakin lama usia, rajin di update konten dan optimasi SEO yang tepat maka akan semakin bagus nilainya. Jika dijual sebuah domain harganya bisa puluhan juta rupiah.

Anda bisa belajar optimasi SEO gratis

2. Nilai  Domain

Semakin lama usia domain pada sebuah blog dan website yang terus dikelola secara konsisten maka akan meningkatkan nilai domain.

Nilai domain adalah salah satu faktor yang menentukan sebuah blog atau website lebih memungkinkan untuk bersaing dalam kata kunci yang masuk di halaman pertama Google.

Biasanya pelaku SEO cukup memperhatikan nilai domain, karena ini menunjukkan tingkat popularitas dan nilai sebuah domain.

3. Pengunjung Sebagai Sumber Pendapatan

Pengunjung organik dari mesin pencari seperti Google adalah yang paling menguntungkan untuk jangka panjang. Jika sebuah blog bisa mendapatkan ribuan pengunjung setiap hari maka bisa mendapatkan penghasilan dari pemasangan iklan pihak ketiga seperti Google Adsense.

Menjual produk atau jasa kepada pengunjung website juga sangat memungkinkan, ini justru sangat berpeluang apalagi untuk bisnis produk dan jasa yang sifatnya tidak musiman.

4. Partner Posting Promosi

Beberapa bisnis membutuhkan menyebarkan informasi tulisan melalui media blog dan website. Pemilik bisnis akan mencari yang bagus dari segi usia, nilai domain, dan pengunjung.

Sering sekali brand produk yang membutuhkan ulasan dari blogger yang berkualitas. Biasanya sekali posting bisa 300 - 500 ribu untuk memberikan ulasan suatu produk.

5. Contextual Link

Seperti posting promosi tapi tujuannya beda, contextual link adalah memposting artikel dan memasang link dengan tujuan meningkatkan nilai link url domain yang dipasang, biasa disebut backlink.

Satu pemasangan link bisa mulai dari 100 ribu hingga 5 juta rupiah, tergantung dari nilai domain dan jumlah pengunjung websitenya. Semakin besar jumlah pengunjung dan nilainya akan semakin tinggi harga contextual link.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال