Alasan Memilih Pakai SEO vs Google Ads untuk Pemasaran Bisnis

SEO vs Google Ads

DHADigital.com - Di jaman serba internet, banyak orang menggunakan Google untuk mencari sesuatu dengan kata kunci tertentu. Ini memberi peluang kepada para pemilik bisnis untuk menayangkan website bisnisnya agar muncul ketika dicari dengan sebuah kata kunci.

Cara agar bisa muncul ketika dicari ini bisa menggunakan iklan dengan Google Ads, dan juga secara organik dengan SEO.

Saya sudah banyak menggunakan iklan Google Ads dan juga SEO sebagai cara pemasaran untuk mendapatkan pengunjung website yang nantinya tertarik untuk memesan produk atau jasa.

Karena itu artikel ini akan menjelaskan dari pengalaman langsung kepada anda sebagai pemilik bisnis ketika ingin menggunakan, mending pakai iklan Google Ads atau SEO.

Google Ads vs SEO Lebih Baik Mana?

Menggunakan Iklan Google Ads Dulu

Saat pertama kali mencoba untuk melakukan pemasaran online dengan website dan mencari calon konsumen dari mesin pencari Google, dengan menggunakan iklan Google Ads menjadi pilihan yang lebih efisien.

Alasannya adalah agar dalam menjalankan pemasaran digital marketing lebih cepat mendatangkan traffik atau pengunjung ke website.

Ketika mulai menjalankan kampanye iklan penelusuran, kita bisa mengatur kata kunci, budget anggaran, dan target spesifik audiens. Semua bisa di atur pada pengaturan kampanye di dasboard iklan Google Ads.

Iklan Lebih Cepat Mendatangkan Traffic

Dengan iklan anda segera mendapatkan traffic atau pengunjung ke website. Banyak sedikit jumlah pengunjung bisa diatur sesuai dengan anggaran iklan dan biaya per klik atau CPC (Cost Per Click).

Dari total pengunjung yang masuk website dari iklan, kemudian dilihat berapa yang orang yang order atau memesan produk atau jasa (Conversion).

Banyak sekali pebisnis yang baru saja menjalankan iklan, mengalami kerugian atau boncos. Hal ini umum terjadi karena belum menemukan cara membuat kampanye iklan Google Ads yang paling tepat.

Baca: Cara Iklan Google Ads Agar Tidak Boncos Bisa Konversi Tinggi

Bisa Segera Evaluasi Website

Ketika sudah menghabiskan dana anggaran iklan dan mendapatkan banyak pengunjung tetapi ternyata konversinya sedikit, bisa jadi ada yang salah dari landing page website.

Hal semacam ini sering saya temukan oleh para pebisnis individu atau UKM yang masih mengerjakan bisnisnya semuanya sendiri atau bersama tim kecil. 

Karena itu pada artikel cara iklan Google Ads agar tidak boncos tersebut saya menyarankan untuk menggunakan testing budget anggaran iklan.

Manfaat evaluasi bisa segera memperbaiki dan menambah informasi, membuat copywriting, dan juga konten marketing di dalam website agar bisa menarik customer untuk order.

SEO Sebagai Investasi Jangka Panjang

Kepada siapapun yang ingin melakukan optimasi SEO sebaiknya berpikir untuk investasi jangka panjang. Jika melakukan optimasi secara konsisten bisa menguntungkan bisnis dengan biaya yang jauh lebih murah.

Tetapi perlu diketahui, untuk bisa mendapatkan posisi kata kunci di halaman pertama Google bahkan sampai ke urutan pertama di pencarian itu membutuhkan waktu yang lama. Tidak ada yang bisa memastikan kapan bisa muncul di halaman pertama.

Tapi salah satu digital marketing yang baik adalah optimasi SEO. Sebagai pebisnis yang menggunakan website harus memastikan kata kunci brand ditemukan di Google saat dicari Orang.

SEO adalah salah satu kegiatan marketing untuk tujuan Brand Awareness

Hal paling minimal adalah optimasi brand, merek, atau nama perusahaan. Ini lebih mudah dan mungkin lebih cepat tercapai jika dibandingkan dengan kata kunci yang kompetisinya besar.

Tidak ada Jaminan di Halaman Pertama

Saya yang sudah hampir 13 tahun berpengalam di bidang SEO dengan jujur mengatakan tidak ada jaminan sebuah website di optimasi kata kunci tertentu bisa di halaman pertama, atau bertahan di halaman pertama.

Adanya cuma usaha melakukan optimasi SEO yang terbaik agar banyak kata kunci website muncul di halaman pertama Google.

Mengelola website dengan baik, membuat desain dan halaman yang bagus, rutin update konten sudah merupakan kegiatan optimasi, yang lama-kelamaan website akan meningkat di mata Google.

Pikirkan lagi jika ingin menggunakan jasa SEO, kamu bisa belajar SEO gratis dan mencoba menerapkannya.

Tapi jika memang benar-benar tidak bisa melakukan sendiri, bisa menggunakan jasa SEO bergaransi DHA Digital.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال