Ini Kelebihan dan kekurangan Franchise Bagi Calon Mitra

kelebihan dan kekurangan franchise

Apakah saat ini kamu tertarik atau sedang mempertimbangkan untuk memulai bisnis franchise atau waralaba? jika iya mungkin artikel tentang kelebihan dan kekurangan franchise ini bisa menjadi tambahan untuk meyakinkan sebelum menentukan.

Banyak sekali sistem bisnis franchise atau waralaba mulai dari yang besar seperti Indomart dan Alfamart, kemudian yang menengah seperti Kopi Janji Jiwa, sampai yang kecil-kecil dengan harga jutaan rupiah saja seperti boba, ayam goreng, sampai es teh.

Bisnis waralaba yang bagus memang menguntungkan bagi kedua belah pihak sebagai kerjasama bisnis. Menguntungkan untuk pemilik nama brand dan merek franchise, dan memudahkan pembeli franchise mitra yang ingin memulai bisnis.

Pengertian Bisnis Franchise atau Waralaba

Adalah usaha yang sudah mempunyai merek, produk, desain tempat dan pemasaran, sampai sistem proses produksi sampai penjualan yang terbuka kepada siapa saja menjadi mitra untuk menjalankan usaha dengan membayar sesuai harga yang ditetapkan, dan mengikuti syarat dan ketentuan dari pemilik franchise.

Kelebihan Bisnis Franchise Bagi Mitra

1. Cepat Bisa Menjalankan Usaha

Usaha sudah siap dari segala aspek, seperti produk, desain tempat, cara pemasaran sampai sistemnya ketika ikut nanti tinggal menjalankan saja sesuai sistem yang  biasanya sudah ada dari pemilik franchise.

Apalagi jika mereknya sudah terkenal dan produknya terbukti laku diterima masyarakat. Tentu saja menjalankan bisnis franchise lebih cepat jalan.

2. Lebih Minim Resiko

Franchise yang bagus bisanya sudah jalan lebih dari 5 tahun, yang artinya selama 5 tahun sudah diterima oleh konsumen dan ada perkembangan bisnis dalam kurun waktu itu.

Tentu saja sebagai mitra jika menjalankan bisnis franchise seperti ini akan jauh lebih minim resiko kegagalan usaha, karena sebagai mitra tinggal membeli dan menjalankan sesuai sistem yang sudah berjalan.

3. Ada Pelatihan dan Pendampingan Usaha

Franchise yang baik pasti menginginkan setiap mitra bisnisnya juga bisa sukses sehingga bisa sama-sama menguntungkan, sehingga ada pelatihan pendampingan dan pendidikan untuk menjalankan sistem usaha.

Mulai dari proses, manajemen keuangan dan karyawan pasti ada pelatihan dan pendampingan sehingga bagi mitra akan banyak dibantu dalam memulai usaha.

4. Ada Supervisor dari Pusat

Bisnis franchise sekala besar dan manajemen perusahaan yang bagus bisanya punya supervisor wilayah atau cabang yang bisa memantau dan membantu jalannya manajemen bisnis.

Supervisor adalah orang yang mengecek, menilai, mendata dan membantu supaya jalannya usaha lancar. Supervisor ini dari perusahaan langsung yang ditunjuk di setiap wilayah atau cabang.

5. Modal Usaha Lebih Jelas

Bagi seseorang pasti berbeda-beda modal usaha yang dimiliki. Ada yang hanya mempunyai 1 jutaan, 5 jutaan atau sampai diatas 100 juta untuk memulai usaha.

Waralaba banyak sekali memberikan pilihan yang biasanya sudah disampaikan secara rinci berapa modal usaha yang dibutuhkan untuk memulai.

Kekurangan Bisnis Franchise Bagi Mitra

1. Banyak Franchise Asal - Asalan

Ini banyak sekali jumlahnya bahkan lebih banyak dari bisnis waralaba yang bagus. Biasanya jenis-jenis yang modalnya kurang dari 10 juta an.

Pemilik hanya mendesain konsep kemudian menawarkan peluang usaha yang produknya belum tentu bisa diterima konsumen. Hanya fokus pada konsep usaha yang menarik mitra untuk bergabung dan membeli franchise.

Bisnis Modal Kecil untung Besar Hati-Hati Penipuan

2. Sekedar Menjual Peluang Usaha

Maksudnya adalah si pemilik ini tidak benar-benar menjual produk dan merek dagang yang memang laku di masyarakat untuk jangka panjang. 

Jenis produk yang sekedar komoditas ada orang yang pasti beli, tapi belum tentu bisa menguntungkan untuk dijalankan jangka panjang.

Pemilik hanya ingin mencari pembeli franchise sampai di titik tidak ada yang beli karena gagal, kemudian menghilang.

3. Resiko Jika Tanpa Ada Manajemen

Ketika seseorang menjalankan usaha tanpa ada manajemen maka sangat beresiko akan bingung di jalan. Biasanya ketika hanya membeli franchise kemudian jalan begitu saja tanpa ada pendampingan dari pusat.

Seorang awam akan kesulitan melakukan promosi, menjaga kualitas produk, dan mengelola keuangan usaha jika tidak ada manajemen.

Nah, jadi ini kelebihan dan kekurangan bisnis franchise bagi calon mitra semoga bisa menjadi pertimbangan ketika mau memulai usaha.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Reseller Hati-Hati Sebelum Ikut

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال