Ini 7 Usaha yang Jarang Rugi Mungkin Bisa Kamu Coba

usaha yang jarang rugi

DHADigital.com - Memulai usaha yang jarang rugi adalah pilihan bagus jika baru mau memulai di dunia usaha. Memang sudah banyak yang tahu usaha dan bisnis itu pasti ada resiko rugi. Tetapi ada pilihan yang bisa kamu coba agar mengurangi resiko kerugian.

Perlu kamu tahu semakin tinggi resiko kerugian juga semakin besar peluang untung, sedangkan semakin kecil tingkat kerugian juga semakin kecil kemungkinan untungnya. Tapi beberapa jenis usaha juga ada yang besar keuntungan dan minim kerugian jika punya skill dan kemampuan.

1. Bisnis katering

Jika punya kemampuan memasak dalam jumlah banyak, bisa buka bisnis catering ini juga termasuk jarang rugi karena produk dibuat ketika ada pesanan masuk.

Bisanya orang pesan sudah membayar uang DP dulu sehingga sudah pasti laku. Jika di lingkungan sekitar kamu belum ada katering bisa dicoba ditawarkan.

Tapi sebelumnya kamu cari tahu dulu berapa paketan harga makanan dengan lauk tertentu di daerah mu, kalau bisa tawarkan lebih murah.

2. Kursus dan Les Privat

Setiap kemampuan bisa dijual dalam bentuk kursus dan les, bisa keahlian di bidang pendidikan, bahasa Inggris, atau kemampuan menjahit, menyetir mobil hingga menggunakan komputer.

Tetapi kemampuan mengajar orang juga tidak mudah, karena itu cobalah terlebih dahulu membuka kursus gratis dengan memberikan pelatihan gratis ke saudara atau teman dekat.

Tentu saja peserta kursus sudah siap membayar dengan biaya tertentu, sehingga menjadi jenis usaha yang jarang rugi sejak dulu. 

3. Usaha Titip Makanan Camilan

Kira-kira camilan apa yang selalu dibeli orang kemudian coba produksi sendiri kemudian di titipkan ke warung-warung dan angkringan. 

Keripik singkong, keripik pisang, rempeyek, emping, usus goreng, kacang adalah jenis-jenis camilan yang pasti laku dan lumayan awet jika dititipkan  bisa awet sampai seminggu.

4. Sewa Perlengkapan Nikah

Orang ketika mengadakan hajatan biasanya akan menyewa untuk melakukan acara selama 1-2 hari saja. Banyak sekali perlengkapan nikah yang bisa disewakan seperti tenda terop, dekorasi, gaun pengantin, kursi hingga peralatan makan seperti piring dan sendok.

Bisnis ini bisa di semua daerah di desa maupun kota, termasuk jenis usaha yang jarang rugi karena barang-barang sewa nya termasuk awet.

5. Bengkel Mobil Panggilan

Di era sekarang jenis-jenis jasa, service dan layanan yang bisa dipanggil ke rumah itu lebih menjanjikan. Selain modalnya minim juga minim kerugian.

Kebanyakan bisnis yang merugi itu karena mahalnya sewa tempat usaha, modal perlengkapan terlalu banyak.

Padahal service mobil dengan modal peralatan yang bisa datang ke rumah si pemilik akan menguntungkan kedua belah pihak.

6. Usaha Distributor

Menjadi distributor bisa juga dilakukan mandiri atau dengan sekumpulan grup. Syaratnya punya produsen atau suplier produk dalam jumlah besar.

Banyak sekali barang yang bisa di distribusikan terutama kebutuhan pokok mulai dari beras, telur, bumbu dapur, dan sayur.

Membuat penawaran kepada pedagang dan warung adalah cara menjadi distributor, kemudian jika sudah menjalin komunikasi dan kenalan dengan pedagang tinggal mengambil barang dari produsen atau suplier kemudian di disribusikan kepada pedagang dan warung-warung.

7. Usaha Jasa Buat Video

Ini sebenarnya sudah saya bahas di artikel cara menghasilkan uang dari hp, di sana saya jelaskan bahwa era sekarang konten video banyak yang butuh untuk di uploud di Instagram, Youtube dan Tiktok.

Satu video bisa seharga 100 ribu sampai 1 juta rupiah tergantung dari jenis dan durasi. Selain itu modal utamanya tentu saja hp yang bagus dan kemampuan editing video.

Dimana cara menawarkan?

Di grup-grup Facebook, di postingan Instagram dengan hastag #jasabuatvideo atau menawarkan jasa di media freelance.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال