Ini Sumber Penghasilan Content Creator dan Perkiraan Jumlahnya

penghasilan content creator

Sejak tahun 2019 sampai sekarang semakin banyak orang membicarakan tentang pekerjaan content creator, padahal dulu belum banyak. Nah mari kita cari tahu siapa sih mereka, pekerjaan, dan sumber penghasilan content cretor.

Pengertian Content Creator

Adalah orang yang merancang, membuat, dan memproduksi konten kemudian dipublikasikan, di posting atau di uploud untuk dilihat oleh audiens, seperti konten tulisan, gambar, dan video. Tempat mempublikasikan dan memposting konten jaman sekarang bisa di Youtube, Facebook, Instagram, dan Tiktok.

Sumber-Sumber Penghasilan Content Creator

1. Sebagai karyawan perusahaan 

Bekerja yang bertugas membuat konten sesuai dengan kebutuhan dan media posting rata-rata penghasilan content creator mulai dari 2 juta hingga 8 juta rupiah per bulan tergantung tempat dan lokasi kerjanya.

2. Google Adsense

Merupakan yang paling ramai dilakukan oleh para Youtubers, mereka berusaha membuat konten video dan mendapatkan banyak penonton sehingga bisa mendapatkan penghasilan dari Google Adsense (iklan tayangan Google yang memberikan komisi bagi hasil dengan pemilik akun Youtube yang di monetisasi)

Penghasilan Adsense Youtube untuk penonton hanya ribuan rata-rata bisa mendapatkan 200 ribu - 1 juta rupiah per bulan. Subscriber diatas 100 ribu dengan penonton puluhan ribu bisa mendapat 5-10 juta per bulan. Sedangkan subscriber diatas 1 juta dan penonton lebih dari 100 ribu setiap video bisa 20-100 juta per bulan.

3. Sebagai Content Creator Endorse

Punya akun Instagram dengan jumlah lebih dari 10 ribu followers biasanya bisa mendapatkan peluang dari endorse rata-rata 50 sampai 500 ribu an. Hanya sedikit yang sampai jutaan rupiah tergantung dari jenis produk yang di endorse dan juga target market dari pemilik akun Instagram.

Karena sosial media sendiri menyediakan fitur Ads, atau Promosi sehingga konten endorse otomatis dibatasi penayangannya, sehingga pebisnis akan memilih menggunakan Ads, daripada endorse.

4. Content Creator Afiliasi 

Affiliasi produk seperti yang ramai di Tikok Affiliate dan juga menggunakan sosial media sebagai affiliate Shopee juga banyak dilakukan oleh para content creator sekarang jika banyak penonton bisa mendapatkan penghasilan.

Faktanya hanya sedikit yang bisa mendapatkan puluhan atau ratusan juta dari afiliasi, rata-rata paling banyak berkisar 1 sampai 2 juta rupiah saja setiap bulan dari komisi penjualan.

5. Menjual Kursus Online

Menjual materi online berupa e-course atau kursus yang cukup banyak dilakukan oleh para content creator yang sudah lebih dari 100 ribu followers. Ini adalah sumber penghasilan content creator yang besar rata-rata bisa sampai puluhan hingga ratusan juta rupiah dari menjual kursus online.

Pengalaman, kemampuan dan keahlian sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Hampir semua orang butuh belajar banyak hal baru untuk meningkatkan taraf hidupnya, sehingga menjual kursus online adalah peluang yang menjanjikan sebagai content creator.

6. Bisnis Pribadi

Ini yang sangat direkomendasikan jaman sekarang pemilik bisnis harus membuat konten sehingga menjadi media pemasaran gratis.

Kelebihan dari sebuah konten yang bisa mendapatkan banyak view atau penonton (viral) jika itu dilakukan oleh sebuah merek bisnis maka akan menjadi alat pemasaran yang murah.

Jualan bisa laris manis jika tiba-tiba konten yang dibuat FYP di Tiktok, atau menjadi viral di Instagram. Banyak sekali pebisnis yang tiba-tiba jadi cepat besar karena kontennya viral. 

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال