5 Tips Memilih Nama Domain yang Bagus untuk SEO

cara memilih nama domain yang bagus

DHADigital.com - Ketika berencana membuat website hal pertama yang dilakukan adalah menentukan nama domain, seperti ketika mau membuat website bisnis, perusahaan atau instansi. .

Biasanya website bisnis atau perusahaan ingin muncul di Google saat dicari dengan kata kunci tertentu, karena itulah penting bagi sebuah website untuk menerapkan SEO, salah satunya dari nama domain.

Ini 5 Tips Memilih Nama Domain yang Bagus untuk SEO

1. Menggunakan TLD

Mungkin kamu sudah mendengar istilah TLD (Top Level Domain), yaitu domain dengan nama dot (titik) diantaranya yang populer seperti (.com co.id .id .net .tv .info) yang biasa disebut ekstensi domain.

Disini akan saya jelaskan dengan mudah dan singkat tentang perbedaan ekstensi domain agar anda bisa lebih jelas ketika akan memilih.

Perbedaan Antara Domain .com .id dan .co.id

Domain .com singakatan dari dot commercial digunakan untuk website yang target pengunjung lokal dan global tanpa batasan dan bersifat komersial. Kemudian domain .net .info .co statusnya hampir sama dengan .com 

Jadi jika digunakan untuk website perusahaan dan bisnis yang tujuannya untuk bisa diakses lokal dan internasional bisa menggunakan .com

Domain .id khusus untuk website di negara Indonesia, lebih cocok digunakan untuk perusahaan, bisnis, instansi, atau organisasi yang target pengunjungnya khusus Indonesia.

Domain co.id cocok untuk perusahaan resmi Indonesia dalam mendaftarkan membutuhkan syarat dokumen perusahaan.

2. Menggunakan Nama Brand atau Perusahaan yang Unik

Hal paling bagus ketika menentukan nama domain adalah dengan menggunakan nama brand perusahaan yang unik jika memang yakin brand bisa menjadi besar dan terkenal.

Bisa juga nama perusahaan, organisasi, atau instansi sebagai nama domain website. Tetapi seringkali ada yang bingung karena nama perusahaan nya terlalu panjang.

Maka dari itu di poin yang ketika akan saya berikan tips bagaimana menentukan kata dalam domain.

3. Maksimal 3 Unsur Kata

Beberapa contoh nama domain website klien kami konsultanjakarta.com ( Konsultan + Jakarta), andalusialiving.com (Andalusia + living)

Usahakan 1 atau 2 kata jika memungkinkan lebih baik, tetapi jika memang tidak menemukan maksimal 3 kata dan jangan lebih. 

Hal ini bertujuan agar mudah di eja dan dibaca oleh orang ketika mencantumkan mana website, semakin singkat maka semakin mudah dibaca.

4. Keyword on Domain Tidak Disarankan

Membuat nama domain website dengan keyword on domain atau kata kunci sebagai nama domain justru tidak disarankan. Karena tidak menjadi unik dan jadi tidak mempunyai otoritas nama.

Solusinya adalah dengan menggabungkan nama brand + keyword pada nama domain, sehingga pada nama brand kemudian diperkuat dengan merek.

Misalnya seperti andalusiafurniture.com, Andalusia sebagai brand dan furniture sebagai kata kunci.

5. Hal yang Harus Dihindari pada Nama Domain

Tanda seperti (-) misalnya dha-digital. com, seperti ini sebaiknya dihindari

Ada huruf double misalnya dekorasiidaman. com ( dekorasi dan idalman ) sebaiknya menjadi dekorasidaman. com

Penggunaan angka pada domain juga kurang bagus karena identik sering digunakan oleh website ilegal.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال