Apa dan Bagaimana cara Membuat Backlink yang Bagus

backlink yang bagus

DHADigital.com - Bagi yang sudah mengenal SEO (Search Engine Optimization) pasti sudah tahu apa itu backlink, yaitu salah satu nilai yang berguna untuk meningkatkan ranking website. 

Meskipun banyak perdebatan tentang baik atau tidaknya praktik menggunakan backlink ini, sebenarnya tergantung cara menggunakannya.

Karena itulah dalam artikel ini akan membagikan pengalaman cara membuat backlink yang baik untuk optimasi SEO yang bagus dan benar untuk meningkatkan ranking website.

Apa itu Backlink

Adalah sebuah link atau tautan yang diberikan dari sebuah situs, website, atau blog yang mengarah ke url situs lain. Jika situs A memasang link url ke situs B, itu artinya situs B mendapatkan backlink dari situs A.

Sebagai contoh adalah link Arsitetika 

Jika di klik link tersebut akan membuka website Arsitetika.com itu artinya mendapatkan backlink dari website ini.

Apakah Backlink Masih Berguna ?

Tentu saja, bahkan sampai sekarang website yang mempunyai backlink berkualitas terlihat masih lebih mungkin untuk mendapatkan peringkat lebih baik di Google search dengan kata kunci tertentu.

Jika backlink  itu berkualitas dan baik maka hasilnya juga, baik. Tetapi banyak sekali praktik pembuatan link yang justru tidak disukai Google karena di rekayasa dan  tidak berkualitas.

Backlink Adalah Link Referensi dan Rekomendasi

Di dunia online ketika membuat tulisan, artikel, atau konten seringkali membutuhkan sumber, rujukan, atau referensi yang terpercaya. Ketika ada website yang mengambil sebagian isi atau rekomendasi dari website lain maka akan memberikan link sumber atau referensi

Suatu situs memberi tautan link kepada website lain yang memang dijadikan referensi dan juga rekomendasi. Ini adalah backlink yang bagus.

 

Backlink yang Harus Dihindari

Karena link kemungkinan besar masih berdampak untuk menaikkan ranking website, akhirnya banyak yang melakukan kecurangan dalam membuat backlink, yaitu dengan melakukan manipulasi dan spam. Ini justru beresiko web mendapatkan hukuman, sehingga harus dihindari.

Beberapa contoh backlink yang tidak bagus seperti membuat komentar asal dengan link, membuat posting artikel di situs lain yang tidak berkualitas dengan kata kunci tertentu dengan tujuan sekedar memasang backlink. 

Membeli dan mencantumkan tautan di artikel website yang tidak mempunyai kualitas konten. Artikel yang tidak berkualitas justru akan dianggap spam dan tidak di indek Google.

Rekomendasi Optimasi SEO untuk Website atau Blog Baru

5 Cara Membuat Backlink yang Berkualitas

1. Link Sebagai Sumber Referensi

Pada website yang akan diberi backlink harus mempunyai konten yang berkualitas sehingga bisa memberi referensi kepada konten situs lain.

Baik dibuat sendiri untuk posting di forum atau web blog lain, atau di posting oleh orang lain di blog mereka kemudian mencantumkan referensi link.

Saya sendiri dari dulu sering membuat konten di forum dan mencantumkan sumber website sendiri sebagai backlink.

2. Mencantumkan Link di Artikel Berkualitas

Praktik jual beli backlink memang tidak disarankan dan bisa dikatakan termasuk tidak bagus. Tetapi sangat sulit untuk bisa mendapatkan backlink dari website lain untuk website baru yang belum terkenal.

Sehingga mungkin harus membayar pemilik situs lain, untuk artikel berkualitas dan memposting di blog atau situs berkualitas lalu bisa mencantumkan tautan yang relevan di artikel tersebut. Ada relevansi antara artikel dan tautan yang dicantumkan.

3. Artikel Harus Berkualitas

Melanjutkan poin nomer 2, artikel yang berkualitas itu harus original, dan isi konten yang bermanfaat untuk pembaca dan mudah dipahami.

Membuat jenis artikel dengan topik yang sudah dibahas oleh banyak situs akan mengurangi kualitas, karena sudah ada banyak jawaban dan informasi tentang topik tersebut.

Jadi usahakan selain original, juga konten artikel dengan topik yang masih jarang dibahas orang.

4. Profile Sosial Media

Mempunyai sosial media yang aktif seperti Facebook, Instagram, dan Twitter kemudian memasang link url website atau blog di bagian profile itu juga bagus.

Dengan syarat bukan sosial media sekedar untuk memasang link, tetapi juga yang aktif digunakan sering posting dan berinteraksi.

5. Share Link di Sosial Media

Ketika sebuah url artikel dibagikan di sosial media, akan ada kemungkinan yang membuka dan melihat karena mungkin tertarik dengan judul konten tersebut.

Ini adalah salah satu praktik backlink yang bagus, apalagi jika ada banyak pengunjung dari sosial media merasa suka dengan konten yang dibagikan tersebut.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال