Tips Menggunakan Iklan Google Display Network GDN yang Maksimal

iklan display Google

DHADigital.com Saat saya bekerja di sebuah perusahaan mengelola iklan Google Ads, tentu saya juga mengelola kampenye iklan Google Display Network, atau disebut GDN. Beberapa orang mungkin lebih sering menggunakan iklan Facebook, Instagram, dan Google Ads search. 

Jadi dalam artikel ini saya akan mencoba menjelaskan apa potensial menggunakan GDN dibandingkan dengan jenis iklan yang lain. Mungkin saya akan sedikit menjelaskan dulu tentang iklan Google Display.

Iklan Google Display Network adalah iklan berupa banner gambar, video, dan juga iklan responsive perpaduan gambar dan text yang muncul di jaringan partner Google seperti situs web blog dan Youtube. 

Sejak dulu sampai sekarang banyak perusahaan maupun bisnis UKM yang menggunakan iklan display, dimana ada tujan tertentu ketika memilih kampanye GDN.

Ini Tujuan Iklan GDN Paling Sering Dipilih

1. Brand Awareness 

Meningkatkan kesadaran merek.

Prinsip "semakin dikenal suatu produk atau merek" adalah cara untuk meningkatkan pemasaran, semakin tinggi kemungkinan untuk mempengaruhi keputusan orang untuk membeli.

Target meningkatkan kesadaran merek, dimana sebuah iklan ditayangkan agar banyak orang sadar dengan merek produk tertentu. Terlebih jika sebuah produk baru atau merek baru yang belum dikenal oleh masyarakat.

GDN bisa menjangkau target market dengan demografi yang tepat

Sebagai contoh iklan (tas wanita branded) maka bisa menargetkan agar dilihat khusus wanita dengan usia tertentu yang punya ketertarikan dengan tas atau fashion. 

Selain itu biaya juga bisa diatur, target tempat penayangan melalui beberapa partner Google yang sesuai dengan kriteria produk dan tipe konsumen.

5 Contoh Kegiatan Marketing untuk Tujuan Brand Awareness

2. Remarketing

Pemasaran ulang kepada audiens yang sempat melihat atau berminat untuk membeli.

Keputusan membeli suatu produk seseorang membutuhkan pertimbangan yang lama, tidak terjadi dalam satu kali mengambil keputusan. Kecuali memang orang tersebut sedang butuh dan mendapatkan diskon.

Sebagai contoh, ketika bisnis menjual secara online seperti di webiste, marketplace atau sosial media. Ada banyak customer yang sudah berminat tetapi tidak jadi membeli.

Nah, remarketing inilah yang digunakan "sebagai pengingat" kepada customer yang sudah tertarik untuk membeli.

Bisa juga untuk mengajak cpelanggan yang sudah membeli, diajak membeli lagi ketika ada tawaran yang menarik atau ada diskon spesial.

Bagaimana Jika Tujuan Penjualan?

Tentu saja juga bisa, membuat tujuan sebagai sales conversion. Tetapi perlu diperhatikan biaya per klik atau per akusisi apakah menjadi lebih mahal. 

Iklan display lebih cocok memilih CPM Cost per Mile atau setiap 1000 tayangan. Memastikan anggaran budget dan cara setting kampanye sangat penting agar tidak boncos dalam menggunakan Google Ads


Tips Memaksimalkan Iklan GDN

  • Memaksimalkan berbagai variasi ukuran banner
  • Menggunakan iklan responsive
  • Menunjukkan merek/brand beserta produk yang dijual
  • Memaksimalkan jumlah penayangan sebanyak mungkin


Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال