Pengertian dan Contoh Bisnis Produk Digital yang Menjanjikan

contoh bisnis produk digital

DHADigital.com Di perkembangan internet dan sosial media baru-baru ini marak bisnis produk digital yang mungkin untuk sebagian orang belum paham apa itu bisnis produk digital. Karena itulah dalam artikel ini saya akan menjelaskan tentang pengertian dan contoh produk digital yang potensial untuk dijadikan bisnis.

Pengertian produk digital adalah produk yang bisa dibuat, dijual, dan dikonsumsi dengan menggunakan media digital sehingga tidak ada bentuk fisiknya. Beberapa contohnya yang paling umum seperti softwarevideo, foto, ebook, kursus, dan webinar.

Sebenarnya trend jual beli produk digital ini sudah marak dikenal sejak 2010 saat itu adalah Clickbank, salah satu platform online penjual produk digital seperti e-book. Contohnya lagi seperti Shutterstock yang menjual foto dan video.

Di Indonesia sendiri sebenarnya sudah ada sejal lama, namun nama bisnis produk digital baru saja mulai viral ketika kemudahan transaksi dan keterbukaan masyarakat dengan produk digital semakin tinggi di tahun 2023 - 2024.

Bisnis Produk Digital

Semua orang punya kesempatan untuk membuat dan menjual produk digital di berbagai platform yang memudahkan transaksi. Salah satu yang terkenal di Indonesia adalah Tribeversity dan Lynk.

Proses dari membuat, memasarkan, dan menjual adalah langkah-langkah sebuah bisnis. Hal tersebut juga sama persis prosesnya dalam bisnis produk digital. 

Di awal harus membuat produk, kemudian bagaimana cara memasarkannnya, hingga akhirnya terjual dan mendapatkan keuntungan.

Lalu bagaimana cara memulai bisnis digital?

Yaitu dengan cara membuat dan menjual informasi pengalaman, panduan yang dikuasai sedangkan banyak orang belum tahu caranya. Panduan tersebut bisa dikemas dalam bentuk video atau ebook. Lebih tepatnya memeng produk edukasi. 

Contoh: 

Anda punya keahlian ternak ayam kampung

Banyak orang yang membutuhkan panduan bagaimana beternak ayam kampung mulai dari pembibitan, sistem kandang, pakan, dan cara pemasaran.

La kan ada banyak panduan gratis di Google dan Youtube?

Kelemahan panduan gratis di internet biasanya kurang bisa memberikan panduan secara rinci, langkah demi langkah, dan biasanya kurang lengkap untuk dipahami, dan sifatnya random banyak variasinya.

Sedangkan sebuah panduan produk digital harus dikemas dengan detail, jelas, mengajari langkah-demi langkah untuk memandu orang agar bisa menerapkan.

Saya sendiri menjual produk digital yang bisa anda cek di lynk.id/dhadigital

Apakah bisnis produk digital lebih mudah?

Kemudahannya karena bisa dikatakan tidak perlu modal, hanya butuh laptop dan internet. Sedangkan keuntungan yang dihasilkan bisa 100% karena produk digital seperti video, dan Ebook bisa dikirim berapapun tanpa ada biaya produksi.  

Tetapi perlu diketahui tidak semua orang bisa membuat panduan yang benar-benar baik dan begus, apalagi dalam bentuk video atau ebook.

Tentu saja kesulitannya ada pada bagaimana kita bisa membuat sebuah panduan yang berkualitas, yang bisa dikonsumsi dan bermanfaat untuk untuk orang lain.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال