Apakah Blog Masih Menghasilkan di Tahun 2024 - 2025?

penghasilan dari blog di 2024 2025

Bagi kalangan penulis atau blogger yang lebih terbiasa menuangkan tulisan di blog mungkin sedikit khawatir soal apakah blog masih menghasilkan di tahun 2024 -2025, dimana eranya sudah mengarah ke konten video dan sosial media.

Blog di tahun 2024 - 2025 masih cukup menghasilkan dengan syarat punya produk atau jasa yang spesifik yang ditawarkan di dalam blog tersebut. Dari pengalaman saya pribadi jika mengandalkan dari affiliate atau dari iklan pihak ketiga sepertinya terasa sulit diharapkan.

Mungkin saya akan berikan contoh langsung bahwa sebenarnya dhadigital.com ini adalah blog yang di desain untuk bisnis. Saya menawarkan beberapa jasa seperti pembuatan website, jasa SEO, dan konsultasi Digital Marketing.

Mungkin ada pertanyaan lain bagaimana poten bisa menghasilkan dari blog Affiliate?

Saya pribadi menjawab, kemungkinan sangat kecil dan terlalu berat usahanya. Karena saya sendiri sudah mencoba dengan kata kunci di posisi atas sulit menghasilkan dari Affiliate.

Blog untuk Affiliate

Saya rasa tidak sepadan antara usaha dan hasilnya. Usaha membuat buat blog, menulis artikel review dengan hasilnya. Selain halaman 1 Google sekarang sulit ditembus untuk jenis-jenis review, hasil komisi dari affiliate juga sangat kecil. 

Saya sendiri sudah mencoba dengan kata kunci berapa di posisi 1-3 halaman pertama Google itu tidak begitu menghasilkan. Apalagi rata-rata komisi dari marketplace yang hasilnya juga kecil, efek penjual juga bersaing dalam memberikan harga murah.

Blog untuk Publisher Iklan

Jika untuk menayangkan iklan, masih cukup lumayan hasilnya, ada beberapa sumber penghasilan iklan. Dengan blog visitor minimal 1000 per hari saya rasa masih oke untuk mendapatkan passive income antara lain:

Google Adsense sekarang di nilai per CPM atau dibyar setiap seribu tayangan , dengan visitor 1000 per hari bisa minimal mendapatkan 5000-10.000 rupiah per hari, atau 150.000 - 300.000 per bulan. Cukup lumayan sebagai pasive income. 

Meskipun hanya ada 100 tayangan masih tetap bisa mendapatkan hasil, dengan perhitungan dibagi 100/1000 x 5000 = 500 rupiah setiap harinya.

Sayangnya untuk bisa diterima Google Adsense juga tidak mudah, banyak syarat yang harus dipenuhi, jiak gagal mendaftar membuat blogger kecewa.

Kedua, jasa artikel promosi yang bisa ditawarkan di platform freelnacer untuk membuat artikel dan ulasan suatu produk dan bisnis bisa mendapat 50.000 - 100.000 per artikel. 

Jualan Produk / Jasa

Harus spesifik yang jarang ada di marketplace atau toko online, karena jika produk yang Anda jual ada banyak di marketplace maka akan sia-sia orang lebih percaya membeli di marketplace.

Jualan Jasa lebih memungkinkan di blog dengan target lokal. Misalnya seperti jasa cuctom pejahit custom, jasa lukis dinding, jasa kursus private dan lain sebagainya.

Dengan lokal keyword, misalnya "jasa buat jas pria di Solo" tentu pasti ada beberapa pesaing sehingga membutuhkan optimasi SEO


Kesimpulan:

Blog masih menghasilan di tahun 2024 - 2025 tetapi memang tidak semudah yang dibayangkan. Beberapa orang menggunakan sebagai tambahan penhasilan atau pasive income saja, sambil punya hobi nulis di blog dengan modal blogger custom domain yang murah. 

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال