8 Fakta Kesuksesan Era Digital Marketing di Dunia Bisnis

fakta digital marketing untuk bisnis
Jika kita masih ragu bagaimana peran digital marketing di dunia bisnis, akan lebih tepat jika kita mencari tahu data-data bagaimana orang-orang yang telah menggunakan untuk bisnis mereka.

Kemajuan internet adalah latar belakang dari melesatnya era pemasaran melalui media digital kini dikenal sebagai “Digital Marketing” dengan memanfaatkan peluang dari para pengguna internet yang jumlahnya sangat besar dan terus meningkat. Berikut ini beberapa fakta digital marketing di dunia bisnis yang berasal dari data.

Belajar Digital Marketing untuk Bisnis

1. Pengguna Internet di Indonesia Mencapai Lebih dari 50%

Hasil survey pada tahun 2016 pengguna internet di Indonesia telah mencapai 132,7 juta dari total penduduk Indonesia sebesar 256,2 juta. Artinya masyarakat sudah benar-benar paham tentang kemudahan akses internet untuk mengakses informasi, komunikasi, dan perniagaan untuk jual beli.

2. Orang Rata-Rata 4-8 jam Per Hari Mengakses Internet

Kemudahan smartphone dan jaringan semakin membuat orang lebih aktif membuka internet. Waktu 4-8 adalah waktu yang sangat lama. Dalam dunia bisnis bisa dibandingkan orang berkunjung ke pasar atau sho0ping di mall yang rata-rata hanya 1-3 jam saja. Hal inilah yang menjadi peluang untuk memanfaatkan media iklan internet digital

3. Biaya Iklan Digital Marketing Lebih Efisien

Iklan digital cukup menggunakan software digital, sedangkan iklan konvensional yang membutuhkan biaya cetak, tayang, dan perijinan. Itulah sebabnya iklan dengan digital marketing sangat efisien jika sudah tahu apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk beriklan.

4. Digital Marketing Menaikkan Omset Hingga 5-10 Kali Lipat

Ini adalah fakta bahkan bisa lebih dari itu, sebagai contohnya dengan kemudahan internet marketing bisnis kita bisa ditemukan orang yang sedang mencari produk atau jasa yang kita jual tanpa tahu toko atau bisnis anda sebelumnya.

Di era yang serba instan, orang selalu mencari sesuatu dengan Google Search. SEO dan SEM adalah teknik internet marketing yang akan memunculkan website yang kita iklankan sesuai kata kunci produk, sehingga ditemukan calon customer yang tepat.

5. Internet Memberikan Kenyamanan Pada Customer

Ketika seseorang atau calon customer belum yakin dengan produk dan jasa yang akan mereka gunakan, mereka menggunakan internet untuk mencari informasi terlebih dahulu bahasa gaul nya “kepo”.

Mereka tidak mau repot-repot datang karena belum tentu beli, sehingga mereka lebih suka mengakses informasi sebuah produk  melalui website dan sosial media. Kemudian jika sudah yakin biasanya baru menghubungi untuk menanyakan lebih lanjut, inilah mengapa kriteria website yang baik itu penting.

6.  “Iklan” Digital Menarik dan Tersamarkan

Kenyataannya bahwa banyak orang  tidak suka dengan iklan. Para kreator digital marketing tentu paham dengan kebanyakan orang yang tidak suka dengan iklan tersebut dan berpikir bagaimana mereka menciptakan “iklan yang tersamarkan”.

Orang tidak akan terlalu peduli dengan apa yang mereka temukan saat mencari di Google itu adalah iklan, karena apa yang mereka cari tepat produknya, begitu juga  iklan di Facebook dan Instagram justru menarik perhatian orang-orang untuk berkomentar dan membagikannya.

7. Bebas Mengatur Anggaran Marketing 

Pebisnis bisa beriklan mulai budget 500 ribu hingga 500 juta, semua bisa dilakukan dan akan mendapatkan hasil sesuai anggaran dananya. Selain itu karena kemudahan aplikasi pelacakan, dana yang digunakan ada report yang jelas

Mengatur anggaran secara manual agar efektif dan efisien adalah salah satu keunggulan digital marketing, karena benar-benar bisa dioptimalkan untuk menghasilkan konversi atau tujuan pemasaran.

8. Perusahaan dan Pemerintah Menggunakan Digital Marketing

Digital marketing adalah inovasi dari teknologi yang harus di ikuti, bukan saja marak digunakan kalangan pengusaha dan perorangan, namun justru perusahaan besar dan pemerintah sudah sangat aktif menggunakan.

Ini adalah bukti nyata fakta bahwa digital marketing memang sukses merangkul ke segala lini untuk meningkatkan pemasaran dan awareness.

Nah jika sudah tahu, baca lebih detail yentang Apa itu Digital Marketing dan apa saja tugas Pekerjaan Seorang Digital Marketer

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال