Ide Usaha Tanpa Modal dengan Menjual Jasa Freelance

bisnis usaha tanpa modal

Dhadigital.com - Mencari ide bisnis tanpa modal itu selalu ada jika yang kamu cari tanpa modal banyak uang. Melainkan dengan modal ketrampilan kita, hp atau laptop. Di jaman sekarang semakin banyak peluang usaha jasa online karena banyak orang membutuhkan media digital.

Umumnya ketrampilan manusia bisa dijual, contoh yang sudah ada sejak dari dulu adalah ketrampilan tukang pijat, tukang bangunan, atau pengantar barang. Mereka sampai sekarang masih ada, apalagi sekarang semakin banyak ditambah sektor di dunia online digital.

Saya rasa semua orang jaman sekarang, termasuk kamu yang sedang membaca mempunyai hp atau laptop yang bagus, itu bisa menjadi modal membuka jasa freelance.

Usaha Freelance dengan Modal Hp dan Laptop

1. Bisnis online afiliasi

Sekarang masih sangat berpeluang besar program afiliasi di marketplace Shopee dan Tokopedia. Kamu tinggal mendaftar dan mempromosikan produk di sosial media.

Kamu akan mendapatkan uang komisi jika ada orang membeli barang dari link afiliasi yang kamu share.


Memang bukan suatu hal yang mudah untuk mendapatkan penjualan dan komisi, tetapi ini juga bisa jadi salah satu usaha tanpa modal hanya dengan share link afiliasi.


2. Jasa konten Tiktok dan IG Reels

Saya salah satu yang pernah membutuhkan jasa buat video Tiktok dan Reels keduanya sama saja model konten videonya. . Banyak orang masih kesulitan untuk rutin membuat konten  Tiktok untuk mendukung bisnisnya.

Apalagi membuat konten yang bisa fyp itu banyak dicari saat ini. Jika kamu suka Tiktokan dan tahu cara membuat konten trending yang bagus bisa menawarkan jasa ini.

Kebanyakan yang menawarkan jasa masih mahal untuk satu konten, padahal rata-rata pemilik usaha butuh banyak konten. Jika kamu bisa menawarkan harga di bawah 50 ribu per konten sangat mungkin banyak peminatnya.

3. Foto dan video produk

Sampai sekarang semakin banyak peluang foto dan video produk. Jika kamu suka foto-foto dan membuat video lebih baik tingkatkan kualitas hasilnya lalu tawarkan jasa untuk foto produk orang lain.

Tawarkan dulu dengan harga terjangkau misalnya untuk satu produk Rp 20.000. Kamu hanya perlu waktu kurang dari 1 jam untuk foto dan edit satu produk. Jika sudah banyak yang order dan kualitas bagus kamu bisa menaikkan harganya.

4. Jasa review endorse

Jika kamu punya Instagram dengan lumayan banyak followers bisa memanfaatkan untuk buka endorse review produk dengan menawarkan di video reels, story, dan feed.

Jika Followers masih sedikit jangan terlalu mahal, mulai dari harga yang paling murah untuk mengumpulkan portofolio dan kepercayaan.

Selain itu dengan ini kamu juga akan semangat mengelola akun Instagram agar mendapat banyak followers.

Khusus buat cewek lebih berpeluang
Karena jika punya modal good looking kamu cukup mudah mencari banyak followers dengan rajin komentar di konten IG yang viral.

5. Jasa review bintang Aplikasi

Ini selalu ada saja yang mencari para pembuat aplikasi baru mereka membutuhkan review dan bintang di aplikasi mereka ketika masih baru launching. 

Meskipun hasilnya kecil ini cukup lumayan karena bisa dikerjakan hanya dari smartphone kamu.

6. Membuat olah data Excel

Memasukkan data, membuat data dan grafik di Excel jaman sekarang banyak sekali yang membutuhkan mulai dari tingkat sekolah, kuliah, dan pekerjaan.

Mengelola data di Excel atau Google Sheet membutuhkan pengetahuan, tidak semua orang bisa. Untuk kepentingan usaha misalnya, pengusaha harus punya data dan grafik yang bisa rumus Excel otomatis ketika memasukkan data. 

7. Jasa Edit Foto

Freelancer edit foto dan video ini sangat laris manis dari kota sampai desa selalu dibutuhkan. Jaman sekarang edit foto sudah menjadi bagian gaya hidup, mulai dari kepentingan pribadi, pasangan hingga pekerjaan.

Para pengusaha dan instansi juga sangat butuh edit foto untuk membuat banner, spanduk, baliho dan iklan. 

8. Arsitek dan desainer Interior

Freelancer arsitek desainer interior mungkin membutuhkan keahlian dan ketrampilan yang lebih profesional. Harus mempunyai latar belakang sekolah, kursus, atau kuliah untuk bisa membuat desain interior.

Arsitek dan desain interior profesional biasanya harganya sangat mahal. Jika kamu mempunyai ketrampilan ini, coba untuk menyasar target market kelas menengah yang mereka ingin mendesain rumah tapi budgetnya terbatas.

Mulai dari harga teman dulu untuk menambah relasi dan portofolio desain kamu.

9. Jasa SEO

Jika saat ini kamu punya blog saya yakin bisa mencoba membuka jasa SEO. Ini juga salah satu kegiatan freelance yang sudah saya kerjakan sejak tahun 2012.

Sudah mendapat puluhan juta rupiah hasilnya jika dihitung penghasilan dari dulu. Kamu bisa memperdalam pengetahuan dengan belajar SEO gratis.

10. Jasa melukis by request

Jika kamu punya ketrampilan melukis, ini ketrampilan yang sangat jarang dimiliki orang. Kamu sangat punya peluang menawarkan jasa untuk melukis.

Banyak orang mempunyai kesukaan terhadap sesuatu, ada yang suka dengan hewan, anime, film, mereka itu kadang ingin mempunyai lukisan khusus sesuai request di kanvas maupun di dinding rumah nya.

Jasa yang harganya lumayan mahal karena tidak semua orang bisa melakukannya.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال