7 Kesalahan Saat Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

kesalahan pemula  bisnis online

Pada artikel tulisan ini tentang kesalahan saat mulai bisnis online ini sudah saya alami sendiri, dan juga dari pengalaman beberapa orang yang akhirnya mengalami kesulitan menjalankan bisnis. 

Dalam memulai segala hal, kesalahan merupakan hal wajar dan hampir semua orang mengalaminya. Tetapi yang terpenting adalah sadar dengan kesalahan tersebut kemudian memperbaiki kesalahan tersebut menjadi sebuah pelajaran.

Begitu juga dalam jualan, usaha, dagang, atau bisnis online kita pasti akan melakukan kesalahan. Jualan susah laku, tidak sesuai harapan, rugi dan lain sebagainya.

5 Tindakan Solusi Ketika Jualan  Online Susah Laku

Kesalahan Bisnis Online Bagi Pemula

1. Mengira  Bisnis Online itu Hasilnya Instan

Bagi kebanyakan yang benar-benar pemula belum tahu sama sekali apa itu dunia online dan bagaimana cara mendapatkan uang dari internet. Belum tahu jual beli online seperti affiliate, dropshipping, menjual jasa, jualan online dan menjadi publisher, biasanya berharap cepat mendapatkan hasil instan.

Mereka banyak yang tertipu dengan iming-iming penghasilan online, yang akhirnya bukan mendapatkan hasil tapi malah rugi kehilangan uang.

Perlu kamu tahu bahwa bisnis online sama juga dengan bisnis pada umumnya, butuh usaha, ketrampilan, jualan, dan tidak ada hasil yang instan.

Contoh seperti pada artikel: Cara Menghasilkan Uang dari HP ini juga membutuhkan kemampuan dan usaha.

2. Gegabah Mengeluarkan Modal

Teman saya sendiri yang mengalami karena terlalu percaya dengan iming-iming penghasilan online ratusan juta, dia mau mengeluarkan modal jutaan rupiah karena tertarik.

Memang semua bisnis butuh modal, tapi perlu hati-hati dengan modal ini kita mendapatkan apa saja, kapan kira-kira bisa ROI jika dihitung secara kasar seperti bisnis pada umumnya.

Memang dalam bisnis tidak selamanya  bisa untung, modal bisa hilang dan rugi. Karena itulah justru perlu teliti dalam mengeluarkan modal usaha.

3. Menggunakan Dana Iklan Tanpa Dasar

Saya juga pernah mengalami, dan pasti banyak juga yang mengalami ketika mulai mencoba jualan sesuatu karena ingin segera mendapatkan penjualan maka mencoba menggunakan iklan dengan anggaran dana tertentu.

Maksud tanpa dasar adalah, langsung menjalankan iklan dan berharap banyak penjualan, menggunakan banyak budget untuk iklan tanpa melakukan testing, analisa, dan evaluasi.

Pertama kali beriklan yang baik itu menggunakan anggaran sebagai testing atau percobaan, kemudian di analisa hasilnya, di evaluasi untuk menemukan formula terbaik.

Baik itu iklan di marketplace, Meta Ads (Fecebook dan Instagram), termasuk Google Ads.

4. Terlalu Fokus pada Produk

Khususnya bagi para pengusaha yang baru mulai jualan online baik di marketplace seperti Shoppe, Tokopedia, Tiktok, kemudian menggunakan sosial media seperti Instagram pasti lebih sering menunjukkan segala hal tentang kelebihan produk.

Keunggulan dan kelebihan produk memang penting, tetapi ketika jualan online ada yang lebih penting yaitu tentang apa yang dibutuhkan dan apa yang di inginkan oleh customer.

Bisa jadi customer ingin produk berkualitas harga terjangkau, ingin pengiriman cepat gratis ongkir, ada yang ingin penampilannya mewah keren, garansi.

Sebaiknya lebih banyak fokus kepada customer, bagaimana target market yang tepat, segmentasi demografi, hingga apa harapan mereka.

5. Tidak Melakukan Riset

Ada 2 hal yang sangat penting untuk melakukan riset ketika mulai bisnis online, pertama adalah riset niche market, kedua riset produk.

Niche market adalah topik atau kategori khusus yang memetakan atau memilih calon konsumen orang-orang tertentu saja. Artinya tidak mentarget kepada semua orang.

Sebagai contoh saja DHA Digital, website ini punya niche khusus untuk orang yang tertarik, ingin tahu dan belajar tentang digital marketing untuk bisnis.

Sedangkan orang yang tidak melakukan bisnis dan tidak tertarik dengan digital marketing bukan masuk kategori website ini.

Riset produk bertujuan untuk mengetahui apakah produk tersebut ini mempunyai pasar, diterima di masyarakat, bisa untuk jangka panjang. Bukan sekedar produk yang hanya viral sesaat kemudian hilang tidak bisa dilanjutkan.

6. Kurang Latihan Bisnis

Semua orang pemula pasti belum ahli, termasuk dalam menjalankan  bisnis. Sangat jarang orang yang melakukan bisnis tiba-tiba langsung laris dan sukses. Maka dari itu sebenarnya penting untuk latihan.

Ada banyak sekali orang yang tiba-tiba menyelam tanpa belajar dulu di kolam. Akhirnya malah tenggelam dan sulit untuk naik ke permukaan. Itulah ibaratnya jika bisnis tidak dimulai dengan  latihan.

Latihan dengan hal-hal kecil seperti mencoba membuka toko online, mengelola akun sosial media, menawarkan jasa atau produk sederhana dengan digital marketing, mencoba membuat foto produk, desain promosi, mengurus transaksi kecil-kecil, modal kecil untuk iklan.

Semua mulai dari hal kecil dan dilatih terus menerus dan kemudian baru modal besar. Tidak baru awal langsung modal besar, iklan dengan banyak dana tanpa latihan.

7. Tidak Mau Modal Laptop

Jika ingin serius mempelajari bisnis online entah itu jual beli, ,menjadi publisher adsense, affiliate, content creator, atau Youtubers sebaiknya modal laptop karena akan lebih fleksibel dalam bekerja dengan layar lebar, mouse, dan keyboard.

Internet marketing sudah ada sejak tahun 2005 justru jaman dulu dimulai dengan komputer dan laptop. Meskipun jaman sekarang ada smartphone yang lebih canggih tapi dengan menggunakan laptop untuk bekerja bisa lebih mudah dan lancar.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال