5 Tindakan Solusi Ketika Jualan Online Susah Laku

Solusi jualan online susah

DHADigital.com - Ketika kamu pertama kali mencoba membuka toko online di marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan Tiktok mungkin baru menyadari ternyata susah laku. Banyak sekali faktor mengapa jualan susah laku sudah saya bahas id artikel 

Ini Penyebab Jualan Online di Marketplace Sekarang Susah

Tidak perlu berkecil hati, jika kamu memang sungguh-sungguh ingin menjalankan bisnis jualan online ada beberapa hal sebagai solusi yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan penjualan dengan beberapa langkah berikut ini.

5 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Jualan Online Tidak Laku

1. Hindari Promosi dengan Anggaran Berlebihan

Promosi atau menjalankan iklan menggunakan dana untuk promosi tanpa perhitungan dengan berharap dagangan mendapatkan banyak penjualan. 

Banyak yang terjadi justru sebaliknya, modal usaha habis atau boncos untuk biaya promosi, sedangkan hasilnya tidak bisa menutup biaya iklan. Akhirnya ketika dana habis dan jualan masih sepi bingung mau melakukan apa.

2. Menyediakan Anggaran untuk Testing Iklan

Menjalankan iklan di marketplace saat awal-awal sebaiknya menyediakan anggaran dana testing, yaitu untuk mencari tahu iklan apa dan produk apa yang berhasil.

Bisa dengan iklan pencarian, memberi promosi, cashback dan diskon. Semua dicoba dengan tujuan sebagai testing promosi apa yang paling efektif.

Jadi batasi setiap anggaran iklan, jika hasilnya tidak bagus, coba ganti metode promosi lain atau produk yang lain (jika mempunyai beberapa produk).

3. Memperbaiki Toko

Jika sudah melakukan promosi tetapi tidak ada juga pembeli, maka langkah ketiga adalah memperbaiki toko.  Mulai dari foto produk di evaluasi, deskripsi lebih jelas, menambahkan video produk yang menarik.

Toko yang bagus mulai dari dekorasi, foto produk dan informasi, bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli.

4. Branding di Sosial Media

Branding adalah upaya agar produk bisa lebih banyak dikenal dan dilihat oleh orang, salah satunya bisa menggunakan sosial media seperti Instagram dan Facebook.

Sangat mungkin sekali jika konten di Instagram menarik perhatian, orang lalu akan membeli produk dari link yang kamu cantumkan.

Saya seringkali menyampaikan bahwa sosial media bukan tempat untuk jualan, tetapi bisa sangat mendukung dari proses pemasaran yang sering disebut marketing funnel.

Yaitu sebuah urutan mulai dari orang mengetahui suatu produk, tertarik, mempertimbangkan dan akhirnya membeli.

5. Jangan Berhenti Belajar

Biasanya yang mengalami kesulitan jualan di toko online atau marketplace itu para pebisnis pemula yang baru saja terjun di dunia online.

Banyak sekali ilmu yang harus dipelajari jika masih belum terbiasa, ada berbagai macam cara pemasaran online tidak sekedar jualan di Shopee atau Tiktok Shop.

Ada yang namanya website, iklan di Google Ads, Meta Ads, itu semua bisa dimanfaatkan sesuai dengan kriteria bisnis.

Kamu di sini bisa belajar digital marketing gratis untuk mendapatkan tambahan informasi seputar dunia digital marketing.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال