Penyebab Ranking Website Turun dari Halaman 1 Google dan Solusinya

cara ranking Google
source image: searchenginejournal.com

Bagi anda yang mengerjakan optimasi SEO untuk sebuah kata kunci atau keyword website, setelah bisa muncul di halaman pertama atau bahkan di urutan satu dengan kata kunci tertentu, pasti ingin bisa terus bertahan muncul di halaman pertama. 

Selama ini yang terjadi memang urutan posisi ranking keyword yang muncul di halaman pertama Goole ini selalu berubah ubah bisa naik dan turun. Ini memang menjadi cara kerja mesin pencari seperti Google dalam menampilkan hasil pencarian yang paling relevan.

Bisa jadi beberapa bulan url dengan keyword tertentu selalu muncul di halaman 1, kemudian turun posisi ke halaman 2, 3 atau hilang sama sekali tidak muncul. 

Di dalam artikel ini akan membahas beberapa penyebab dan solusi agar url dengan keyword yang sudah di optimasi bisa bertahan di halaman pertama Google.

Penyebab Ranking Website Turun dari Halaman Google

1. Ada kompetitor yang lebih baik

Jika ada sebuah kata kunci atau keyword yang lebih baik dari berbagai aspek maka sangat memungkinkan bisa menggeser posisi dari halaman pertama. 

Beberapa hal yang bisa dinilai kompetitor lebih baik antara lain dari segi: informasi yang terbaru dan lebih relevan, halaman yang mudah diakses, kata-kata dalam artikel yang lebih user friendly mudah dimengerti, website yang nyaman dibaca, dan backlink yang lebih baik.

2. Terlalu lama tidak ada update

Biasanya website mempunyai menu artikel yang selalu di update bisa setiap hari, setiap minggu atau setiap bulan. Semakin sering update maka semakin sering robot Google merayapi dan mengecek konten terbaru untuk di indek.

Ketika tidak ada pembaruan konten selama lebih dari 3 bulan maka bisa menyebabkan robot Google jarang merayapi dan akhirnya keyword yang sebelumnya di halaman pertama turun digantikan website yang rajin update.


3. Tidak ada tambahan backlink berkualitas

Backlink adalah suatu hal yang tetap digunakan dalam kegiatan optimasi SEO, tetapi backlink yang berkualitas yang akan membantu meningkatkan ranking, sedangkan backlink buruk dan spam justru akan beresiko website bisa turun dari halaman Google.

Ketika sebuah website tidak mendapatkan tambahan backlink berkualitas dalam waktu yang lama menyebabkan authority domain website kalah dari web kompetitor.

4. Update Algoritma

Setiap kali Google update algoritma biasanya ada perubahan hasil di halaman 1 pada suatu keyword. Ada website yang dulu di ranking urutan pertama, atau halaman satu kemudian turun atau tidak muncul.

Ada website baru yang kemudian muncul naik menjadi di halaman pertama, menggeser posisi website sebelumnya.

Hal ini selalu dilakukan oleh Google dengan tujuan memberikan hasil yang paling bagus dan relevan untuk sebuah kata kunci yang dicari orang.

Solusi Agar Ranking Website Naik Atau Bertahan di Halaman Pertama


Tidak bisa menjamin sebuah kata kunci umum dengan banyak sekali situs yang membahas sehingga sebuah website bisa bertahan di halaman pertama, karena tingginya kompetisi keyword.

 

1. Optimasi brand keyword 

Brand keyword dari website utama perusahaan dengan sebuah merek atau brand bisa berada di ranking satu atau halaman pertama Google lebih bertahan lama. 

Jadi bagi setiap pemilik bisnis lebih baik segera optimasi keyword brand agar bisa muncul di ranking 1 Google. 

Membuat sebuah brand terkenal, ada di banyak situs dengan memberi konten, memasang backlink sebagai salah satu kegiatan branding dengan digital marketing.

2. Website yang baik dan nyaman

Baik berarti mudah di akses dengan loading yang cepat, pengunjung nyaman ketika berkunjung, mudah menemukan informasi, navigasi, dan membaca konten maka akan memberi nilai kualitas halaman pada sebuah web.

Dhadigital.com sudah merasakan sejak tahun 2017 selalu berusaha membuat web yang mudah di akses. Selain desain dan tampilan bagus terlebih dulu harus mengutamakan web yang mudah diakses oleh Google maupun pengunjung.

Website harus selalu dipantau secara teknis, memastikan semua lancar, mudah diakses, tidak ada halaman yang bermasalah, karena ini jadi faktor ranking.

 

3. Update artikel berkualitas

Membuat dan update artikel tergantung jenis website, tidak ada patokan harus setiap hari, tetapi minimalnya dalam satu bulan minimal ada tambahan 2 artikel, atau jika bisa setiap hari, atau setiap minggu lebih baik.

Artikel harus berkualitas dan unik, sangat penting di algoritma Google sekarang. Meskipun rajin update tetapi jenis artikel umum yang sudah banyak dibahas situs lain, justru akan menurunkan kualitas SEO nya.

Unik artinya punya pembahasan khusus yang masih jarang dibahas oleh website lain. Karena itu tidak harus setiap hari update, meskipun seminggu sekali jika konten berkualitas dan unik bisa lebih baik.

4. Mendapatkan backlink berkualitas

Jika bisa mendapatkan backlink berkualitas secara natural maka itu yang terbaik, tetapi jika dalam beberapa bulan tidak ada penambahan backlink, maka bisa dibuat sendiri asalkan berkualitas.

Hati-hati dengan backlink, karena jika salah justru bisa membuat website tidak sekedar ranking turun tetapi terkena pinalti, menyebabkan keyword website hilang dari halaman pencarian Google.

Baca Cara Membuat Backlink yang Bagus

5. Membuat internal link ke artikel lama

Semakin lama usia website yang sering membuat artikel, pasti akan ada artikel lama yang sudah di posting sebelumnya. Artikel lama yang sudah di posting dulu ini sebaiknya diberi internal link di upadte artikel yang terbaru.

Sehingga ketika Google merayapi (crawl) upadate terbaru akan menemukan link artikel lama teresbut, sehingga akan merayapi lagi.

Buat internal link yang relevan dengan tema konten yang dibuat, sehingga ada kaitan yang memungkinkan pengunjung juga tertarik untuk klik link tersebut.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال