Begini Cara Menyikapi Ancaman Tiktok untuk Para Pengusaha

Ancaman Tiktok

Pada tahun 2023 semakin ramai orang dengan kehadiran Tiktok yang digunakan sebagai E-commerce menjadi perbincangan banyak orang, ada yang pro dan kontra. Bahkan juga banyak pebisnis yang mengeluh karena kehadiran Tiktok.

Di satu sisi banyak orang mendapatkan uang, penghasilan, bahkan pekerjaan karena Tiktok shop. Ada yang berhasil menjadi affiliate, ada yang berhasil laris jualan karena Tiktok Live, dan banyak juga yang mendapatkan pekerjaan menjadi host live.

Tentu saja itu sisi positif yang bisa dilihat selama ini dalam pemanfaatan Tiktok untuk bisnis. Tetapi juga ada hal lain yang dikeluhkan oleh para pengguna terutama pebisnis.

Keresahan Pebisnis terhadap Ancaman Tiktok

  • Konsumen banyak yang lari ke Tiktok shop karena memberi diskon nya terlalu parah, sehingga merugikan pedagang di marketplace lain, bahkan toko offline.
  • Penjual yang mencoba live jualan ternyata sepi, kalah dengan akun-akun besar yang sudah ramai pembeli.
  • Keresahan jika terjadi monopoli dari China, ketika Tiktok akan mengambil data produk yang laris kemudian diproduksi sendiri dan dijual di platformnya.
  • Banyak barang impor harga sangat murah sehingga mematikan produsen lokal
Isu pemberian diskon dan menjatuhkan harga menjadi isu paling banyak dikeluhkan karena menyebabkan persaingan dan "perang harga" sehingga pebisnis sulit mengambil keuntungan.

Bagaimana Cara Menyikapi Tiktok untuk Pengusaha

1. Memanfaatkan untuk konten marketing

Pada dasarnya Tiktok adalah media sosial berbasis konten video singkat. Sebagai pengusaha justru bisa memanfaatkan untuk mengupload konten sehingga mendapatkan view sebagai marketing atau promosi gratis.

Fokus memanfaatkan dengan membuat video yang bisa menarik penonton sehingga bisa menghasilkan banyak view bahkan sampai berhasil FYP. 

Justru kelebihan Tiktok itu durasi yang pendek dan hasil video tidak harus sempurna, fokusnya adalah bisa menarik perhatian.


2. Menjadikan alat pemasaran online

Bagi pengusaha yang serius menjalani bisnis dan melakukan pemasaran online atau digital sudah seharusnya memanfaatkan semua platform digital, salah satunya adalah Tiktok.

Jadi justru memberi kesempatan lebih banyak media yang digunakan, artinya juga lebih banyak peluang dilihat oleh calon konsumen. Mulai dari menggunakan website, Facebook, Instagram, Youtube, dan Tiktok.

3. Tidak menjadikan Tiktok sebagai platform utama

Banyak pengusaha yang baru saja mencoba bisnis dengan harapan sukses besar di Tiktok, hal ini bisa menjadi salah paham, hanya karena ikut-ikutan trend orang yang sedang ramai.

Dalam dunia pemasaran online, sebaiknya memanfaatkan banyak media online sebagai alat pemasaran, semakin banyak platform yang digunakan maka semakin besar peluangnya.

Khususnya para pengusaha pemula yang baru mencoba jualan online, bahwasanya semua platform digital hampir sama susahnya di awal jika belum menemukan algoritma dan cara promosi yang tepat.


Aturan Pemerintah
Banyak isu yang sampai pada ke pemerintah tentang ancaman Tiktok yang disampaikan merugikan pengusaha lokal, ada indikasi monopoli dan lain sebagainya yang masih belum pasti kebenarannya.

Karena itu sebagai pengusaha lebih baik mengambil manfaat sisi baik, dan tidak ikut-ikutan melakukan bisnis dengan cara yang berbahaya, apalagi menyalahi aturan pemerintah.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال