Apakah Backlink Masih Berguna untuk SEO di 2023 - 2024

backlink di 2023 2024

DHADigital.com - Pertanyaan yang sering muncul ketika pemilik website atau blogger melakukan optimasi adalah tentang apakah backlink masih berguna, hampir setiap tahun selalu dipertanyakan. 

Di akhir tahun 2023 menjelang 2024 ini saya akan menyampaikan tentang apa yang saya tahu tentang apakah backlink masih berguna atau tidak

Jawabannya adalah:

Backlink masih berguna untuk optimasi dan nilai authority domain jika diperoleh atau dibangun dengan baik dan benar. Tetapi ini bukan faktor utama dalam meranking url di halaman Google.

Banyak hal yang bisa dilakukan ketika melakukan optimasi website, kamu bisa melihat beberapa teknis di halaman belajar SEO

Dalam salah satu informasi Youtube yang disampaikan oleh @JohnMu memang menjelaskan bahwa backlink tidak bisa menjadi sebuah ukuran, tetapi dia sendiri menyampaikan yang intinya:

"Jika anda punya toko, tentu akan lebih cepat dikenal orang jika nama toko kamu diliput oleh beberapa media lokal, orang akan lebih cepat tahu"

Semakin banyak diliput apakah itu nama toko, merek, atau brand maka semakin terkenal. Itu tidak bisa dipungkiri.  Sebenarnya tujuan backlink pada dasarnya mirip dengan apa yang disampaikan tersebut.

URL website dicantumkan oleh website lain, sehingga menjadi lebih dikenal. Dalam kasus "membuat backlink untuk optimasi" banyak juga yang mengatakan sebagai tindakan yang dilarang oleh Google dianggap sebagai tautan rekayasa.

Karena ada tindakan yang merugikan robot Google ketika melakukan crawl link, seperti spam link, konten kualitas rendah, ternak web 2.0, private blog network dan lain sebagainya.

Backlink yang dianggap bagus itu:

Yaitu jenis-jenis tautan yang diberikan secara natural karena sebuah halaman web mempunyai informasi berkualitas, menjadi sumber rujukan, atau direkomendasikan.

Tetapi saya sendiri juga merasakan untuk mendapatkan backlink secara alami itu sulit untuk jenis-jenis website tertentu, seperti misalnya website bisnis.

Jadi ketika kita mengusahakan atau berupaya membuat backlink asalkan bisa membuat yang bagus dan tepat, itu sangat bermanfaat dalam menaikkan ranking di Google.

Baca Cara Membuat Backlink yang Bagus

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال