Ini Penghasilan atau Gaji Freelance Digital Marketing 2024 - 2025

gaji freelance digital marketing

Pekerjaan digital marketing merupakan jenis pekerjaan yang paling banyak bisa dikerjakan secara freelance atau remote, kerana memang dalam bekerja tidak ada batasan tempat dan waktu. Dengan modal laptop, smartphone, dan koneksi internet, seorang digital marketer bisa bekerja dimana saja.

Freelance artinya tidak terikat kontrak, tergantung kesepakatan kedua belah pihak. Sedangkan remote bisa jadi ada ikatan kontrak dengan perusahaan dengan bekerja bisa darimana saja.

Kebetulan saya selaku pemilik dhadigital.com sudah merasakan gaji penghasilan freelance digital marketer hingga saat ini, khususnya untuk klien lokal Indonesia.

Pekerjaan dan Gaji Freelance Digital Marketer

Full Digital Merketing untuk mengerjakan SEO, Google Ads, Website dan Sosial Media saya mendapatkan rata-rata penghasilan gaji 2,5 hingga  4 juta per bulan untuk setiap proyek. Saya mematok harga tidak jauh dari UMK suatu daerah di Indonesua. Hal ini karena saya mengerjakan secara freelance, tidak menghabiskan waktu harus datang ke kantor.

SEO specialist, saya mendapatkan penghasilan gaji 1 hingga 2 juta per bulan untuk  satu website. Penetapan harga biasanya saya tentukan dari tingkat kesulitan kata kunci. Mengelola Googla Ads atau Meta Ads saya mendapatkan penghasilan 800 ribu hingga 1,5 juta per bulan.

Saya rasa gajinya cukup standar untuk freelancer lokal, karena mungkin di beberapa paltform freelance ada yang lebih murah, sedangkan di perusahaan agency harganya bisa 2 sampai 3 kali lipat.

Gajinya Kecil ?

Mungkin jika anda bandingkan dengan informasi diluar sana, maka apa yang saya sebutkan terkesan kecil Saya mempertimbangkan dari berbagai faktor yang bisa dinilai sepadan.

Memang terlihat kecil jika hanya mengerjakan 1 proyek, tapi jika bisa mengerjakan 3-5 proyek dalam 1 bulan, tentu bisa mendapatkan lebih dari 10 juta kerja dari rumah. 

Ini tentu sepadan jika dibandingkan saya harus setiap hari berangkat ke kantor dengan gaji kisaran 10 - 15 juta khususa di Jakarta. Apalagi daerah selain Jakarta yang UMK nya lebih kecil, seorang digital marketer rata-rata hanya 4-6 juta per bulan.

Bisa Mengerjakan Beberapa Proyek Sekaligus

Karena freelance, hal yang paling menentukan adalah hasil kinerja, seperti peningkatan traffic, prospek dan jumlah penjualan suatu usaha. Sehingga tidak ada batasan untuk mengambil berapa proyek asalkan hasilnya bisa dipertanggung jawabkan.

Bisanya saya dalam sebulan bisa maksimal 5 klien, dengan memastikan saya seleksi apakah memungkinkan untuk dikerjakan. Bisanya tidak setiap permintaan proyek bisa diterima.

Terkadang ada website yang sulit dioptimasi (SEO) tentu saya tidak berani mengambil proyek tersebut. 

5 Target KPI Pekerjaan Digital Marketing

Tanggung Jawab Hasil Kinerja

Seringkali saya mengerjakan usaha kecil atau UMKM, mereka sangat berharap pada hasil dari digital marketing. Pasti ada harapan untuk meningkatkan penjualan mereka, ini adalah tanggung jawab yang harus bisa diberikan.

Hal ini tidak mudah, bisnis sendri banyak faktor yang mempengaruhi, sehingga sebagai digital marketer harus mampu memberikan penjelasan sejak awal, apa potensinya dan apa resikonya.

Beberapa hal yang bisa diusakan oleh seorang digital marketer antara lain

  • Peningkatan traffic website dan sosial media
  • Penambahan leads atau prospek
  • Hanya sebagian kecil dalam peningkatan penjualan
Penjualan juga sangat tergantung dari produk, kompetitor, harga dan cara customer servise melayani. Ada istilah marketing funnel

Digital Marketer ibarat orang yang membantu mendatangkan calon customer yang tepat ke dalam toko Anda, sedangkan mereka membeli atau tidak, ditentukan dari faktor produk, harga, dan pelayanan.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال