Ini Skill untuk Bekerja dari Rumah atau Darimana Saja Potensi Bagus di Masa Depan

skill bisa kerja dari rumah

DHADigital.com - Seiring perkembangan jaman, kemudahan akses internet dan komunikasi menjadikan sektor-sektor pekerjaan juga semakin berkembang. Jika jaman dulu bekerja harus berangkat ke lokasi tempat-tempat bekerja, di jaman sekarang bekerja bisa darimana saja, bahkan bisa bekerja dari rumah.

Saya sendiri adalah contoh yang sudah menjalankan hampir lebih 4 tahun bekerja dari rumah. Dua tahun pertama ketika masa pandemi banyak perusahaan dan instansi mewajibkan WFH (Work from Home). Saya bisa mengerjakan digital marketing dengan lancar dari rumah di tahun 2020 hingga awal 2022.

Setelah pandemi reda dan peraturan kembali normal, semua perusahaan mewajibkan karwayannya untuk kembali bekerja di kantor seperti semula, saya memutusakan resign dan mulai bekerja sendiri secara freelance digital marketing dari rumah sejak tahun 2022 hingga sekarang.

Mengapa saya menyebutkan yang punya potensi di masa depan? 

Beberapa skill mungkin beresiko digantikan AI (Artificial Intelligence)

  • Desain grafis, kemunculan Canva dan AI sekarang semakin menggeser skill desain grafis.
  • Penerjemah, semakin terus bermunculan teknologi penerjemah yang canggih seperti Grammarly
  • Content writer, pada tahun 2023 sudah mulai trending secara global Promt ChatGPT yang bisa menulis dengan gaya penulisan manusia dan masih akan terus dikembangkan.
  • Video Editing, sekarang mulai banyak aplikasi yang semakin mudah digunakan seperti Capcut. Kedepannya teknologi AI akan semakin mudah menjalankan video editing.

3 Skill untuk Potensi Bagus Bisa Bekerja Darimana Saja

1. Digital Marketing

Keahlian marketing akan selalu dibutuhkan, sedangkan digital adalah media yang digunakan. Dalam menjalankan digital marketing yang masih sering digunakan hingga saat ini adalah mengelola iklan Google dan Iklan Meta (Facebook dan Instagram).

Ada beberapa hal lain yang juga termasuk kategori digital marketing seperti Search Engine Optimization (SEO), dan Social Media Management.

Tapi pada dasarnya tetap sebuah marketing, yaitu usaha untuk meningkatkan strategi pemasaran dan meningkatkan penjualan.

5 Target KPI Pekerjaan Digital Marketing yang Harus Dipenuhi

Penghasilan dari Skill Digital Marketing

  • Punya keahlian memasarkan online produk bisnis sendiri sehingga punya kesempatan lebih besar jika ingin  menjadi pengusaha
  • Bisa bekerja secara freelance di perusahaan orang lain 
  • Skill yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan di jaman serba digital seperti sekarang ini, banyak kesempatan kerja karir.
Jadi sangat besar kesempatan untuk bekerja dari rumah, bahkan saya menyebut work from everywhere karen bisa dikerjakan darimana saja. Bisa freelancer atau berkarir profesional di sebuah perusahaan.

Mau belajar skill digital marketing?

Cek di sini

2. Content Creator

Sejak tahun 2023 saya banyak membahas content creator di beberapa artikel DHA Digital karena memang sedang naik trendnya. Hal ini disebabkan kenaikan jumlah pengguna sosial media seperti Facebook, Instagram, Youtube dan Tiktok.

Seorang content creator sangat berpotensi bisa bekerja darimana saja, bahkan mendapatkan berbagai sumber penghasilan karena punya akun dengan banyak view dan followers.

Youtubers, Tiktokers, dan Selebgram adalah conton content creator. Punya skill atau keahlian membuat konten yang bisa dinikmati oleh audiens dengan berbagai macam pilihan niche atau topik tertentu.

Bisa bekerja dari rumah atau darimana saja, bahkan kerjaan nya relatif sering berpindah-pindah lokasi, contoh saja seperti food vlogger dan influencer.

3. Affiliate Marketing

Adalah sebuah skill yang bisa menjadi pihak ketiga untuk memasarkan produk orang lain. Bayangkan saja dari dulu hingga sekarang dalam memenangkan persaingan pasar tidak ada teknologi yang mudah.

Semakin tahun perkembangan teknologi semakin maju, justru dalam memasarkan produk semakin sulit.

Jika kita punya skill affiliate (menjadi perantara menjual) maka akan terus berpotensi. Kita hbutuh keahlian bagaimana cara memasarkan dengan berbagai media yang ada.

Punya keahlian ini sangat besar potensi bekerja dari rumah, bahkan uang masuk ketika kamu tidur. Karena sistem affiliate di berbagai media sekarang bekerja secara otomatis.

Tapi dalam usaha seorang Affiliator untuk mencari calon pembeli produk ini tidaklah mudah.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال