Tidak Semua Orang Punya Website Bisa Optimasi SEO

mesin SEO

DHADigital.com - Beberapa hari yang lalu saya baru saja mendapati klien yang mengeluh tentang websitenya yang turun dari halaman pertama Google, padahal sebelumnya selalu di halaman pertama selama 5 tahun terakhir.

Kemudian saya mengecek dan menganalisa website tersebut apa sebabnya bisa hilang dari pencarian. Ternyata lumayan banyak hal teknis khususnya on page yang harus dibenahi.

Kita perlu tahu bahwa posisi keyword website di halaman pertama Google itu fluktuasi (bisa berubah kapan saja), tidak selamanya akan berada di halaman satu, karena adanya kompetitor dan update algoritma.

Pemilik website itu ibarat pemilik motor yang belum tentu paham mesin motor, ketika rusak tidak tahu apa penyebab dan bagaimana solusinya.

Saya sempat memberi tahu juga website dia harus diapakan, dan sebenarnya bisa dibenahi sendiri, tapi si pemilik web ini lebih memilih saya yang memperbaiki karena dia merasa tidak paham soal SEO.

Mungkin bagi kamu yang memang ingin bisa optimasi sebaiknya baca dahulu Panduan Belajar SEO Mulai Darimana

Kemampuan SEO itu Karena Hasil Praktek

Tidak ada kursus manapun yang menjamin seorang bisa SEO dan mengoptimasi website. Tempat kursus mungkin sekedar teori dan sertifikat, tetapi jika tanpa praktek yang terus dicoba maka mustahil bisa.

Bahkan saya sendiri mungkin sudah ada sekitar 30-50 website, dan ratusan kata kunci yang pernah saya optimasi, itu tidak semua berhasil bisa ke halaman pertama.

Kamu bisa mengakses halaman belajar SEO gratis

Saya sering menyampaikan kepada siapapun ketika ingin bisa optimasi SEO, intinya adalah sering praktek, belajar otodidak dulu dari berbagai sumber online.

Itu jauh lebih baik daripada kursus atau kelas yang waktunya sangat terbatas.

Kursus SEO Itu Sebagai Benchmark Skill

Nah baru ketika kamu sudah tahu dan bisa menerapkan ilmu (menguasai skill SEO), kamu sudah bisa menghasilkan pengunjung website dari Google, kemudian ingin memastikan keahlian, maka bisa ambil kelas kursus untuk sertifikasi.

Atau bisa ikut webinar SEO dari berbagai pakar yang bekerja di perusahaan besar, sebagai tambahan wawasan dan benchmark skill saja.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال