Kelebihan Bekerja Sebagai Marketing Bisa Belajar Jadi Pebisnis

sales marketing bisnis

DHADigital.com - Jika kamu tahu latar belakang orang-orang yang sukses menjadi pebisnis banyak dari mereka yang memulai karir sebagai sales atau marketing. Bekerja sebagai marketing banyak sekali pelajaran dan pengalaman yang  sangat erat hubungannya dengan dunia bisnis. Hampir semua bisnis pasti membutuhkan marketing untuk menjual produk atau jasa.

Jika kamu saat ini bekerja sebagai marketing jangan berkecil hati, meskipun banyak orang menganggap sebelah mata jika dibandingkan dengan pekerjaan lain seperti kantoran dan ASN. 

Tetapi ketahuilah sudah banyak buktinya dari menjadi sales atau marketer seseorang bisa mendapat banyak pengalaman jika bisa mengambil pelajaran yang bisa jadi modal menjadi seorang pebisnis sukses.

Bisnis selalu berkaitan dengan komunikasi, negosiasi, pemasaran, dan cara-cara melakukan penawaran. Itu semua ada dalam pekerjaan sales marketing.

Pengertian Marketing Funnel dengan Model AIDA

5 Keuntungan Bekerja Sebagai Marketing

1. Berlatih Berani Menawarkan Produk atau Jasa

Seorang pebisnis harus mempunyai mental berani menawarkan jasa. Banyak sekali orang tidak bisa menawarkan karena takut dengan penolakan, malu, dan minder. Mereka lebih nyaman bekerja sebagai karyawan yang hanya mengikuti dengan tugas-tugas dari atasan.

Pebisnis sudah biasa dengan penolakan, kegagalan, dan kerugian semua itu bisa diambil pengalaman ketika bekerja sebagai sales marketing.

2. Pengalaman Komunikasi dan Negosiasi

Pekerjaan sales sudah pasti berkomunikasi dengan calon pembeli dan melakukan negosiasi agar customer akhirnya membeli. Komunikasi menawarkan produk sampai laku bukan hal yang mudah.

Banyak pekerja marketing gagal karena tidak kuat mental dengan penolakan yang terjadi. Di awal-awal merasa sulit komunikasi dan negosiasi dengan colon pembeli sehingga sulit tercapai target penjualan.

Ada yang dasarnya pandai berbicara sehingga cepat mendapatkan penjualan, ada juga yang harus membiasakan diri hingga 3-6 bulan baru lancar berkomunikasi karena terbiasa.

3. Menjadi Pribadi yang Ramah dan Supel

Supel sering disebutkan untuk orang yang mudah bergaul dan berkomunikasi dengan orang, baik yang sudah dikenal maupun belum dikenal.

Bekerja sebagai marketing akan sering bertemu dengan orang baru sehingga secara otomatis akan terbawa menjadi pribadi yang supel mudah berkomunikasi dengan orang lain.

Selain itu juga karena berusaha menawarkan dagangan pasti akan bersikap ramah kepada calon pembeli. Hal itu semakin lama akan terbiasa punya sikap yang ramah dan supel.

4. Terlatih Tidak Baperan

Ditolak, tidak dianggap ketika menawarkan produk, atau bahkan dimarahi oleh atasan karena belum mencapai target akan mendidik menjadi mental yang kuat dan tidak baperan.

Bayangkan seorang sales sudah lama komunikasi dengan calon pembeli, mengantarkan survey lokasi, menjelaskan produk, sampai memberi diskon tapi ternyata tidak jadi beli.

Bahasa gaulnya di ghosting itu adalah hal biasa terjadi, sehingga akan terlatih menjadi orang yang tidak baperan.

5. Belajar Digital Marketing

Saya kebetulan pernah 3 tahun terjun di dunia sales marketing, begitu juga teman saya. Di jaman yang modern serba digital ini cara memasarkan produk juga harus menggunakan digital marketing atau pemasaran online.

Karena itu kami otomatis belajar menggunakan sosial media, membuat website, belajar menggunakan Google Ads dan FB Ads.

Belajar digital marketing bukan sekedar untuk bisa menguasai tetapi sampai mendapatkan penjualan produk yang dipasarkan. Selain itu juga seringkali menggunakan dana pribadi sehingga lebih  serius dalam belajar agar tercapai penjualan dari pemasaran online.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال